Senin, 01 Februari 2016

Soal - Soal Aturan - Aturan Segitiga.

Secara umum aturan - aturan segitiga yang dibahas di kelas XI Keuangan oleh Pak Indaya ada tiga bagian yakni :
A. Aturan Sinus
B. Aturan Cosinus
C. Aturan Segitiga

Berikut ini adalah soal - soal yang akan dijadikan bahan ulangan harian materi aturan - aturan segitiga di kelas XI Keuangan.

Anda akan dipilihkan 3 soal dari sekian soal berikut ini, oleh sebab itu sebaiknya anda berusaha mengerjakannnya sebelum ulangan harian dilaksanakan.

  1. Diberikan segi empat ABCD seperti gambar di bawah! Panjang BC adalah  
  2. Luas segi-12 beraturan dengan panjang jari-jari lingkaran luar 8 cm adalah
  3. Diberikan prisma tegak segitiga ABC.DEF dengan panjang rusuk AB = 6 cm, BC = 3√7 cm, dan AC = 3 cm.Tinggi prisma adalah 20 cm. Volume prisma adalah ....
  4. Diketahui segienam beraturan. Jika jari-jari lingkaran luar segienam beraturan adalah 10 satuan, maka luas segienam beraturan tersebut adalah...
  5. Panjang jari-jari lingkaran luar segidelapan beraturan adalah 6 cm. keliling segidelapan tersebut adalah ....
  6. Luas segi-12 beraturan adalah 192 cm. Keliling segi-12 beraturan tersebut adalah ....
  7. Keliling suatu segienam beraturan adalah 72 cm. Luas segienam tersebut adalah ....
  8. Sebuah segitiga ABC dengan BC = 6 cm dan AC = 10 cm dan sudut BAC = 30 derajat. Tunjukanlah bahwa terdapat dua kemungkinan besarnya sudut tersebut.
  9. Sebuah jajaran genjang ABCD diketahui AB = 10,5 cm dan AC = 6,8 cm dan sudut ABC adalah 56 derajat. Hitunglah panjang diagonal - diagonalnya.
  10. Sebuah jajaran genjang memiliki panjang sisi 10 cm dan 12 cm. Jika panjang diagonal yang pendek adalah 7  cm, maka hitunglah panjang digonal yang panjang dari jajaran genjang tersebut.
  11. Kapal laut P dan Q berlayar dari A pada waktu yang sama, P berlayar dengan jurusan tiga angka 102 derajat dan Q berlayar dengan jurusan tiga angka 232 derajat. Hitunglah jarak kedua kapal setelah berlayar selama 5 jam. Jika kecepatan P adalah 14 mil/jam dan kecepatan 8 mil/jam.
  12. Dua buaah kapal laut berangkat dari tempat yang sama memmentuk sudut 30 derajat. Jika kapal pertama berkecepatan 15 km/jam dan kapal kedua berkecepatan 18 km/jam, tentukanlah jaraak kedua kapal tersebut setelah 2 jam perjalanan.
  13. Bus air dengan kecepatan 17 km/jam dengan jurusan tiga angka 070 derajat. Perjalanan berikutnya dengan kecepatan 8 km/jam dengan jurusan tiga angka 150 derajat. tentukan jarak yang telah ditempuh bus tersebut.
  14. Hitunglah luas segitiga yang sisinya masing - masing 5 cm, 7 cm dan 8 cm
  15. Segitiga ABC mempunyai luas 6m cm. Jika panjang sisi BC dan sisi AC masing - masing adalah 12 cm dan 20 cm, tentukanlah besar sudut







Tidak ada komentar:

Posting Komentar