Rabu, 10 Februari 2016

Pengenalan Operating System - Untuk Anak Multimedia

Biasanya, istilah Sistem Operasi sering ditujukan kepada semua perangkat lunak yang masuk dalam satu paket dengan sistem komputer sebelum aplikasi-aplikasi perangkat lunak terinstal.

Sistem operasi adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan perangkat lunak aplikasi seperti program-program pengolah kata dan peramban web.

Secara umum, Sistem Operasi adalah perangkat lunak pada lapisan pertama yang ditempatkan pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan booting.

Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti untuk software-software itu.

Layanan inti tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, penjadwalan tugas schedule task, dan antar-muka user GUI/CLI. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan "kernel" suatu Sistem Operasi.

Kalau sistem komputer terbagi dalam lapisan-lapisan, maka Sistem Operasi adalah penghubung antara lapisan hardware dengan lapisan software. Sistem Operasi melakukan semua tugas-tugas penting dalam komputer, dan menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda dapat berjalan secara bersamaan dengan lancar.

Sistem Operasi menjamin aplikasi lainnya dapat menggunakan memori, melakukan input dan output terhadap peralatan lain, dan memiliki akses kepada sistem berkas. Apabila beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, maka Sistem Operasi mengatur schedule yang tepat, sehingga sedapat mungkin semua proses yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan prosesor (CPU) serta tidak saling mengganggu.

Dalam banyak kasus, Sistem Operasi menyediakan suatu pustaka dari fungsi-fungsi standar, di mana aplikasi lain dapat memanggil fungsi-fungsi itu, sehingga dalam setiap pembuatan program baru, tidak perlu membuat fungsi-fungsi tersebut dari awal.

Sistem Operasi secara umum terdiri dari beberapa bagian:
  • Mekanisme Boot, yaitu meletakkan kernel ke dalam memory
  • Kernel, yaitu inti dari sebuah Sistem Operasi
  • Command Interpreter atau shell, yang bertugas membaca input dari pengguna
  • Pustaka-pustaka, yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain
  • Driver untuk berinteraksi dengan hardware eksternal, sekaligus untuk mengontrolnya.
Sebagian Sistem Operasi hanya mengizinkan satu aplikasi saja yang berjalan pada satu waktu (misalnya DOS), tetapi sebagian besar Sistem Operasi baru mengizinkan beberapa aplikasi berjalan secara simultan pada waktu yang bersamaan. Sistem Operasi seperti ini disebut sebagai Multi-tasking Operating System (misalnya keluarga sistem operasi UNIX). Beberapa Sistem Operasi berukuran sangat besar dan kompleks, serta inputnya tergantung kepada input pengguna, sedangkan Sistem Operasi lainnya sangat kecil dan dibuat dengan asumsi bekerja tanpa intervensi manusia sama sekali. Tipe yang pertama sering disebut sebagai Desktop OS, sedangkan tipe kedua adalah Real-Time OS, contohnya adalah Windows, Linux, Free BSD, Solaris, palm, symbian, dan sebagainya.

Operating System Untuk Personal Computer

  • Unix Operating System
UNIX adalah sistem operasi yang diciptakan Ken Thompson serta Dennis Ritchie. OS UNIX ini selanjutnya dikembangkan oleh AT&T Bell Labs dan lebih menekankan pada Workstation dan Server. Karena UNIX didesain sebagai OS portabel, Multi-Tasking, dan Multi User, maka sistem operasi ini dapat digunakan, disalin, dan dimodifikasi, sehingga dapat dikembangkan oleh pihak umum yang pada akhirnya memunculkan banyak varian baru dari Unix operating system ini.
  • Disk Operating System (DOS)
DOS merupakan sistem operasi generasi awal, dimana sistem operasi ini lazim digunakan pada komputer pribadi mulai era 1975. Sistem operasi pada DOS masih menggunakan antar muka berbasis teks dengan tanda kesiapan menerima perintah dari pengguna yang disebut sebagai prompt.
  • Novell Operating System (NOS)
NOS adalah sistem operasi jaringan yang dikembangkan oleh Novell Corporation, OS ini menyediakan akses file remote transparan dan juga melayani berbagai jaringan distribusi, termasuk sharing printer dan dukungan berbagai aplikasi seperti transfer email serta akses database.
  • Windows Operating System
Windows adalah sistem operasi yang sudah menggunakan antar muka GUI (Graphical User Interface) yaitu pendukung antar muka yang menggunakan grafik ataupun gambar, sehingga pengoperasiannya lebih mudah dan menyenangkan penggunanya. Sebagaimana banyak orang ketahui, sistem operasi ini dikembangkan perusahaan Microsoft yang sampai dengan sekarang telah memiliki beberapa versi sistem operasi windows.
  • Machintos Operating System
Machintos (MAC OS) adalah sistem operasi komersil berbasis GUI (Graphical User Interface) yang tetap menjaga integritasnya dengan cara menerapkannya hanya khusus pada perangkat produknya Apple saja. Sebagaimana windows, machintos juga telah memiliki berbagai versi untuk produk Apple.
  • Linux Oprating System
Linux merupakan Sistem operasi open source yang pertama kali dikembangkan oleh Linus Torvald. Linux banyak disukai oleh insan-insan mandiri lantaran sebagai OS opensource linux memungkinkan penggunanya untuk mengubah, menambah pun mengurangi sistem secara keseluruhan. Dan lantaran bersifat open source, maka sistem operasi linux banyak dikembangkan oleh tangan-tangan kreatif sehingga menghasilkan beberapa distro linux yang disesuaikan dengan jenis pekerjaan penggunanya.
Jenis-jenis Operating System Untuk Handphone
  • Symbian Operating System
Symbian adalah sistem operasi yang acap digunakan pada perangkat telepon seluler dan dikembangkan oleh perusahaan Symbian Ltd, yaitu perusahaan independen hasil kolaborasi perusahaan-perusahaan telepon seluler, antara lain; Nokia, Erricson, Motorola dan Psion. Namun pada 24 Juni 2008, Nokia telah mengakusisisi seluruh saham Symbian Ltd ini.
  • BlackBerry Operating System
Jika machintos diterapkan khusus untuk produk apple, maka blackberry juga dikembangkan khusus pada perangkat produk yang diproduksi oleh perusahaan BlackBerry saja, yaitu perusahaan telekomunikasi asal Canada, Research In Motion (RIM). RIM menciptakan perangkat mobile dengan layanan push email dan mengembangkannya menjadi smartphone dengan fungsi teknologi tinggi seperti GPS, Wifi, Internet Mobile, dan lain sebagainya.
  • Android Operating System
Android adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh perusahaan Android Inc, dimana pada perkembangan selanjutnya perusahaan ini diakusisisi oleh perusahaan raksasa Google Inc. Meskipun milik perusahaan besar, android justru memberikan lisensi open source bagi siapa saja yang ingin mengembangkannya, oleh karenanya Android menjadi OS yang sangat booming dan meledak di pasaran. Sekarang androit juga telah bisa digunakan pada berbagai perangkat, baik pada handphone atapun komputer .
  • Palm Operating System
Palm OS adalah sistem operasi untuk perangkat digital yang memiliki cara kerja mirip dengan Microsoft Windows dan dikembangkan oleh PalmSource.Inc pada tahun 1996. Palm OS ditujukan untuk berbagai merk PDA (Personal Data Assistant).
  • Windows Mobile
Selain ada OS Windows untuk PC, microsoft juga menerbitkan sebuah sistem operasi untuk mobile. Jadi Windows Mobile adalah sistem operasi seluler yang dikembangkan Microsoft dan dikhususkan penggunaannya untuk smart phone serta perangkat mobile. Pada perkembangan selanjutnya Windows Mobile ini juga dikenal dengan nama Windows Phone yang didesain mirip dengan Windows versi desktop , baik secara fitur dan tampilan.
  • MXI (Motion eXperience Interface)
MXI atau Motion eXperience Interface adalah sistem operasi mobile unirversal yang dapat dijalankan untuk aplikasi mobile seperti Windows, Linux, Palm dan Java.
  • iOS apple
iOS apple adalah OS yang masih satu family dengan machintos karena keduanya adalah milik Apple. Hanya saja kalau mac OS dikususkan untuk personal computer maka iOS adalah sistem operasi mobile yang dikembangkan dan hanya diaplikasikan untuk perangkat Apple Inc seperti pada iPhone, iPod Touch, iPad ataupun pada Apple TV.
  • webOS
webOS adalah sistem operasi milik Hewlett-Packard (HP) yang berbasis Linux dan pertama kali dikembangkan oleh Palm, digunakan pada produk-produk HP mulai dari smart phone, tablet, dan lainnya.
  • Bada OS
bada adalah sistem operasi smart phone yang diluncurkan perusahaan elektronik Korea bernama Samsung Electronics Co.Ltd
Selain yang telah disebutkan di atas, sebenarnya masih ada beberapa sistem operasi lain yang tersedia. Namun pada dasarnya secara garis besar semua itu adalah turunan dari sistem operasi yang sudah ada dan lalu dikembangkan sesuai kebutuhan.

Ini merupakan materi dasar operating system yang di ambil dari Wikipedia.

Semoga bermanfaaat...
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar