Kamis, 25 Februari 2016

Logika Matematika ..... Materi Bayar Hutang

Soal - soal untuk materi logika antara lain adalah :

A. Jika p = "Saya makan nasi" dan q = "Saya minum susu", nyatakanlah pernyataan dibawah ini dengan menggunakan a, b dan simbol - simbol logika matematika :
  1. Saya makan nasi namun tidak minum susu
  2. Saya tidak makan nasi dan tidak minum susu
  3. Saya tidak makan nasi tetapi saya minum susu
  4. Saya makan nasi sekaligus saya minum susu
  5. Tidak benar saya makan nasi dan minum susu
  6. Jika saya makan nasi maka saya minum susu.
  7. Tidak benar bahwa jika saya makan nasi maka saaya harus minum susu
  8. Saya akan makan nasi jika dan hanya jika saya minum susu
  9. Tidak benar saya akan makan nasi jika dan haanya jika saya minum susu
  10. Tidak benar saya minum susu jika dan hanya jika saya minum susu.

B. Tentukanlah negasi dari pernyataaan berikut ini lalu tentukan nilai kebenarannya :
C. Buatlah negasi dari pernyataan berikut ini :
D. Tentukanlah konvers, invers dan kontraposisi dari implikasi berikut ini :
  1. Jika suatu bendera adalah bendera malaysia maka ada warna merah pada bendera tersebut.
  2.  
  3.  
  4.  Jika dua persegi panjang kongruen maka luasnya sama.
  5.  
  6.  Jika segitiga ABC adalag segitiga sama sisi maka sisi - sisi segitiga tersebut sama panjang.
E. Jika diketahui premis - premis sebagai berikut :
Premis 1 : Jika hari ini hujan deras maka bona tidak keluar rumah.
Premis 2 : Bona keluar rumah.
Buatlah kesimpulan yang sah dari premis - premis diatas sebanyak tiga buah.

F. Ingkaran dari pernyataan " Jika semua anggota keluarga pergi, maka semua pintu dikunci rapat" adalah .....

G. Ingkaran dari pernyataan "Jika semua mahasiswa berdemo maka jalanan akan macet" adalah .....

Selamat bekerja wahai anak - anak ku ..... selamat menikmati hidangan yang disediakan ....

Salam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar